Search
  • Dhimas Affan R

Dukung Pertanian Indonesia, CropLife Sosialisasi Pestisida

Updated: Apr 13, 2019


TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Eksekutif CropLife Indonesia Agung Kurniawan menjelaskan, penggunaan pestisida untuk pertanian tidak merugikan selama dipakai dengan cara tepat. CropLife merupakan asosiasi nirlaba untuk para petani.


"Banyak yang menganggap penggunaan pestisida itu dapat merusak tanaman. Anggapan seperti itu karena terkadang petani Indonesia kurang memahami bagaimana penggunaannya," ujar Agung ketika memberikan sambutan dalam acara Kelas Pestisida di Hotel Aston, Jakarta Selatan, 22 April 2018.

Pestisida adalah semua zat kimia, bahan lain, jasad renik, atau virus yang digunakan untuk memberantas dan mencegah hama pada tanaman.

Agung mengatakan CropLife memiliki perhatian di sektor pertanian dan fokus pada petani agar dapat mengetahui inovasi dan teknologi ataupun perlindungan tanaman serta benih bioteknologi.

"Banyak petani di Indonesia yang belum siap memakai pestisida," ucapnya. "Sehingga, bukannya membuat tanaman sehat, karena pestisida berlebihan justru itu menghasilkan tanaman rusak."

Ketua Tim Teknis Ahli Komisi Pestisida Dadang menjelaskan, penggunaan pestisida sangat diperlukan untuk pengendalian mutu hasil tanam.

"Dalam meningkatkan produksi tanaman, selain masalah lahan, hama dan kerusakan lain sebelum panen harus diantisipasi, salah satunya menggunakan pestisida," tuturnya.

Menurut Dadang, pestisida sangat dekat dengan hidup manusia karena tidak hanya digunakan untuk mengusir hama tanaman di sawah. Namun, kata Dadang, pestisida juga digunakan pada konstruksi bangunan dan kesehatan.

Agung dan Dadang akan menggelar beberapa kelas pestisida atau pelatihan lain bagi para petani supaya lebih meningkatkan hasil panen dan pertahanan pangan. Pada 2017, CropLife dengan beberapa anggotanya telah melakukan pelatihan terhadap 200-400 ribu petani di Indonesia.

Sumber : Tempo.co (Reporter: Moh Khory Alfarizi Editor: Erwin Prima )


23 views

Recent Posts

See All

Telah Di Buka Lowongan Pekerjaan

Dibutuhkan Tenaga Administrasi PT. Mahatma Agro Nganjuk yang bergerak dalam bidang Agrikultur dengan persyaratan lamaran sebagai berikut : 1. Pria dan Wanita 2. Sehat Jasmani dan Rohani 3. Pendidikan

Mahatmaagro.com

  • Facebook Social Icon
  • YouTube Social  Icon
  • Instagram Social Icon

©2020 PT.Mahatma Agro